Rabu, 20 Maret 2013

"Raja World Tour"

Ma Long Bersiap Dijuluki "Raja World Tour"

altMa Long menjadi jawara baru dalam peringkat pemain tenis meja putra dunia versi ITTF yang dirilis 1 Maret 2013. Prestasi yang dia peroleh dalam bulan Februari, sebagai runner-up di Kuwait Open dan disusul sebagai juara di Qatar Open mendongkrak posisinya dalam peringkat dunia. Ma Long kembali merasakan tahta sebagai pemain terbaik dunia setelah hampir 10 bulan lepas dari genggamannya. Gelar tersebut sempat singgah dalam genggaman teman satu timnya, Zhang Jike setelah itu mampir selama dua bulan ke tangan Xu Xin.

Jika dilihat dari performa Ma Long dalam bulan February kemarin, ada indikasi bahwa posisi jawara akan bertahan lama di tangan dia, seperti yang terjadi di tahun 2012 dimana dia dijuluki sebagai rajanya World Tour. Mantan peringkat satu, Zhang Jike berada di posisi ketiga disusul Wang Hao, Timo Boll, dan Chuang Chih Yuan. Dimitrij Ovtcharov berpindah dari peringkat sembilan menjadi peringkat tujuh setelah berhasil masuk sebagai penghuni perempat final di Kuwait dan Qatar.
Tidak ada perbedaan mencolok di peringkat 10 sampai 20, tapi pemain yang paling banyak mendapatkan sorotan bulan Februari kemarin adalah pemain muda Cina, Yan An. Dia secara mencolok naik dari peringkat 66 menjadi 21. Keberhasilannya mencapai puncak prestasi dunia dalam ajang World Tour menjadi kesempatan terbaiknya untuk masuk dalam jajaran pemain top dunia dalam usia muda.
Dalam daftar peringkat putri, Ding Ning memperpanjang rekornya menjadi penghuni peringkat satu dunia pada bulan ke 17-nya. Dia hanya terpaut beberapa poin dari peringkat kedua dan ketiga, Liu Shiwen dan Li Xiaoxia. Feng Tianwei di anugrahi poin besar karena berhasil mengalahkan Ding Ning di semifinal Kuwait Open sehingga menaikan peringkatnya dari 6 menjadi 4.
Kejutan bulan ini terjadi pada Zhu Yuling yang melompat jauh dari peringkat 18 masuk ke jajaran 10 besar yaitu peringkat 8. Peringkat terbaik dalam karirnya. Bahkan jika dia terus mengikuti berbagai kejuaraan kedepan, dipastikan peringkatkan akan menjadi lebih baik karena kini dia hanya terpaut empat angka dibawah Shen Yanfei dan Kim Kyungah, dan 23 angka dibawah Guo Yan yang sedang cedera.
Perbaikan peringkat juga dialami pemain Eropa Petrissa Solja setelah mengikuti kejuaraan bulan Februari kemarin dia naik dari 67 ke 50.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar