Rabu, 20 Maret 2013

Kejurnas Jerman 2013

Kejurnas Jerrman 2013: Timo Boll Dikecewakan Mengel

altSteffen Mengel menjadi penyebab kekecewaan besar bagi sang raja tenis meja Eropa Timo Boll. Pada ajang kejuaraan nasional tenis meja Jerman 2013, Timo Boll gagal mencatat gelar juara ke sepuluh kalinya di ajang yang sama. Sebenarnya dia menjadi favorit juara pada kompetisi kali ini mengingat saingan terberatnya yaitu, Dimitrij Ovtcharov mengundurkan diri karena cedera pinggang. Selain Ovtcharov, Patrick Franziska, pemain muda Jerman yang banyak menjadi sorotan dalam dunia pertenis mejaan Nasional maupun Internasional juga mengalami cedera yang membuatnya urung tampil dalam Kejuaraan Nasional Jerman 2013.

Di partai final German National Championship 2013, Steffen Mengel yang berada di pringkat 157 dunia berhasil menumbangkan pemain terkuat yang tidak lain adalah pemain terbaik Eropa, Timo Boll. Mengel secara mengejutkan mampu mencuri set pertama dengan angka telak 11-4, Namun Timo Boll bangkit dan menyelamatkan set kedua 11-8 untuk menyamakan kedudukan. Kembali Steffen Mengel menggebrak di set ketiga dengan 11-8. Set keempat Timo Boll tidak mau ketinggalan poin lagi. Dia membalas di set keempat untuk menyamakan keduduakan 11-6 sehingga kedudukan menjadi 2-2.
Timo Boll tidak mau main-main lagi menghadapi Steffen Mengel yang terbukti sangat merepotkan dia di set-set sebelumnya. Timo Boll bermain sangat cerdas di set kelima dan menutup set dengan 11-5. Ketinggalan skor 2-3, Steffen Mengel mengeluarkan segala upaya untuk menyamakan kedudukan. Pertarungan sengit terjadi di set keenam karena kedua pemain tidak ingin melakukan kesalahan sedikitpun. Susul meyusul angka menjadi ketegangan tersendiri bagi keduanya. Sayang Timo Boll harus merelakan set keenam setelah tiga kali terjadi match poin. Steffen Mengel menyamakan angka menjadi 3-3.
Momentum yang didapat di set kelima mampu dimaksimalkan oleh Mengel yang memang tampil sangat luar biasa pada kejuaraan tahun ini. Pada set penentu Timo Boll dipaksa menyerah dari Steffen Mengel dengan 7-11 berkat variasi servis yang mengacaukan konsentrasi Timo Boll. Mengel akhirnya dinobatkan sebagai juara baru di Kejuaraan Nasional Tenis Meja Jerman 2013.
Timo Boll pada jumpa persnya mengatakan " Steffen mengawali pertandingan dengan sangat baik dan saya merasakannya di tiga set awal. dan di set keenam saat skor 6-3 saya memimpin seharusnya bisa menang. hampir saja" dia menambahkan" Saya sangat ceroboh membaca servis Mengel " terbukti di set ketiga saat kedudukan 12-11, Timo Boll meminta time out untuk menenangkan diri sebelum menerima servis Mengel. Namun apa daya dia tidak berhasil di set keenam dan berlanjut di set berikutnya. Andai saja dia memenangkan gelar kesepuluhnya maka dia menjadi pencetak rekor baru di kejuaraan nasional Jerman diatas Eberhard Scholer dan Conny Freundorfer di era 1950-an sampai 1970-an. Namun dia bertekat untuk terus berjuang mendapatkan gelar tersebut.
Bagi Mengel kemenangan dia kali ini sangat mengejutkan, " Saya hampir tidak percaya saya menjadi juara Kejuaraan Nasional Jerman. dan yang saya kalahkan adalah Timo Boll. Tahun 2010 yang lalu saya ketemu dia dan dia mengalahkan saya dengan sangat mudah. Sejak saat itu saya tidak pernah punya kesempatan untuk bertemu dia di pertandingan hingga saat ini"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar